Minggu, 04 Mei 2014

cara bermain futsal

Sebelum Anda memulai latihan futsal Anda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa teknik dasar cara bermain futsal terlebih dulu. Simak baik-baik di bawah ini agar teknik permainan futsal Anda semakin baik.
Kontrol Bola
Teknik mengontrol bola ini sangat penting dalam permainan futsal. Setiap pemain harus menguasai teknik ini. Dalam bermain futsal, biasanya yang terpenting adalah bagaimana caranya agar dapat mengontrol bola dengan sol sepatu. Anda dapat menggunakan telapak kaki, kaki bagian dalam, maupun kaki bagian luar.
Passing
Passing alias mengumpan dapat dilakukan dengan menggunakan ujung kaki, tumit, kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan juga sisi bawah kaki. Tetapi yang paling baik dalam mengumpan adalah ketika Anda menggunakan kaki bagian dalam. Lakukan dengan arah mendatar. Paling bagus jika Anda menggunakan umpanan panjang menyusur tanah. Hal ini dikarenakan akurasi umpanan ini paling baik jika dibandingkan dengan akurasi umpanan lainnya.
Dribbling
Cara bermain futsal dribbling alias menggiring bola ini penting dikuasai agar dapat mengecoh lawan. Ada beragam teknik menggiring yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam. Caranya adalah dengan menggunakan kaki kanan maupun kaki kiri. Dengan cara ini, pemain dapat mengecoh lawan dari sisi manapun sesuai dengan kaki yang digunakan. Misalnya menggiring bola dengan kaki kanan bagian dalam dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan, dan begitu pula sebaliknya.
Sedangkan jika menggiring bola menggunakan kaki bagian luar pemain dapat mengecoh lawan berlawanan dengan kaki yang digunakan. Misalnya jika ingin mengecoh lawan ke sebelah kanan, maka kaki yang digunakan adalah kaki kiri. Sebaliknya, jika ingin mengecoh ke sebelah kiri lawan, maka kaki yang digunakan adalah kaki kanan.
Jika ingin menggiring bola menggunakan punggung kaki, maka pemain dapat menggiring bola dengan lurus. Tetapi teknik ini kurang dapat mengecoh lawan sebelah kiri atau kanan.
Shooting
Shooting ini dalam bahasa Indonesia disebut sebagai tendangan keras. Caranya adalah dengan menggunakan ujung sepatu atau ujung kaki. Bola akan melesat kencang tetapi juga masih dapat bergerak lurus.
Speed
Pemain futsal dituntut untuk cepat dalam bermain dan mengalirkan bola. Selain itu, pemain futsal juga harus cepat mencari ruang dalam menerima umpan dan berekasi. Hal ini dikarenakan, dengan gerak cepat, pemain dapat mengecoh lawan. Di samping itu, pemain futsal juga dapat melakukan penjagaan dan menyusun formasi, baik ketika melakukan serangan maupun bermain bertahan. Ciri permainan futsal adalah kecepatan itu, karena itulah para pemain wajib menguasai kecepatan.
Mencetak Gol
Dibandingkan dengan sepakbola, gawang futsal cukup kecil. Karena itulah celah menembaknya juga kecil. Cara mengarahkan bolanya adalah usahakan bola meluncur tetapi mendatar. Jika Anda melakukannya dari sisi samping, maka giring bola sampai ke tengah, tetapi sebelum sampai di tengah, langsung saja tendang bolanya. Jika Anda melakukannya dari kanan lawan, maka usahakan agar arah tendangan menuju ke pojok kiri kiper.
Fisik
Cara bermain futsal ini memang identik dengan kecepatan dan banyak bergerak, karena itulah seorang pemain futsal wajib mempunyai fisik yang bugar. Jika tidak punya fisik yang bugar, maka pemain pasti kesulitan melaksanakan pertandingan bertempo tinggi ini.
Sebenarnya untuk mendapatkan stamina yang baik sehingga Anda dapat menjalani pertandingan dengan baik pula adalah mudah. Yakni dengan bermain futsal secara rutin. Anda juga dapat melakukan beberapa variasi ketika berlatih futsal, misalnya seperti melakukan interval sprint ketika Anda bermain. Lakukan dengan cepat dalam beberapa menit. Turunkan tempo beberapa saat, kemudian lakukan sprint lagi. Lakukanlah cara ini hingga waktu pertandingan berakhir.
Kuncinya adalah melakukan latihan sungguh-sungguh dan usahakan semaksimal mungkin. Ketika melakukan latihan, lakukan pergerakan tanpa henti. Sesuaikan dengan durasi waktu yang biasanya diterapkan pada pertandingan resmi.
Itulah beberapa teknik dasar futsal yang harus Anda kuasai jika Anda ingin menjadi pemain futsal yang hebat. Jika selama ini Anda merasa kurang bagus ketika bermain futsal, maka ada baiknya Anda meningkatkan terus latihan teknik dasar futsal di atas. Semoga sukses dalam pertandingan berikutnya

0 komentar:

Posting Komentar